Saturday, February 21, 2009

Online Shop

Salah satu cara memperoleh uang lewat internet adalah berjualan barang baik itu barang kita hasilkan sendiri atau menjual lagi (reseller). Konsepnya sama dengan kita membuka toko beneran, toko virutal (online shop) adalah usaha menjual barang yang dilakukan secara online atau via internet. Semua hal seperti promosi, transaksi jual beli, tawar menawar dan semua hal yang berkaitan dengan jual beli pada umumnya dilakukan tanpa melakukan kontak langsung antara penjual dan pembeli.
Karena sistemnya online maka siapa saja dimana saja bisa melakukan atau membuka online shoppingnya sendiri. Karena itu banyak ibu-ibu rumah tangga atau mahasiswa yang berbisnis online seperti berjualan baju, aksesoris, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Online Shop sangat diminati oleh banyak orang-orang karena selain modal sedikit juga tidak terlalu menyita waktu kita, kita bisa menjalankan bisnis online kita sambil kerja atau sambil bisnis nyata lainnya.
Bagaimana cara membuka online Shop? Berikut sedikit penjelasan dari saya :
  1. Tentukan produk apa yang akan kita jual yang kira-kira banyak peminatnya dan unik.
  2. Memiliki koneksi internet. Koneksi internet sangat penting di dalam online shop, tapi kita bisa konek internet lewat warnet kok jadi masih bisa ditunda kalau budget yang anda miliki masih terbatas
  3. Memiliki domain dan hosting sendiri. Namun hal ini tidak wajib bagi yang belum ingin menginvestasikan banyak uangnya di Online Shop karena masih ingin nyoba-nyoba, teman-teman sekalian bisa pakai jasa penyedia situs atau blog gratis, banyak kok dan sangat mudah karena semuanya tools pendukung online shop tersedia seperti upload poto, tulisan dan lain-lain. Klik aja Blogger, Blogdrive, Multiply dll.
  4. Buatlah nama web/blog kita semenarik mungkin sehingga banyak orang mencarinya.
  5. Promosikan online shop kamu lewat forum-forum, social networking dan lain2 atau sering-seringlah update barang kamu dan respon semua orang yang mampir dan comment pada blog kamu. Ini sebenarnya inti dari online shop, bagaimana orang-orang yang jumlahnya jutaan diseluruh dunia tau online Shop kamu.
  6. Bersabar menunggu pesanan..hehe.
Memang sepertinya gampang membuka online shop, tapi dibutuhkan sedikit ketekunan dalam melaksanakannya, seperti pada saat promosi dan update barang. Kita harus rajin dalam hal ini. Selain itu, online shop sangat mengandalkan kepercayaan dari kedua belah pihak (penjual dan pembeli), karena tidak ada contact langsung antara keduanya maka hanya melalui online atau telepon. Tidak sedikit yang mengalami penipuan pada saat bertransaksi online, oleh karena itu pintar-pintar nya kita baik selaku penjual atau pembeli, selalu lah cek dan ricek dan berhati-hati. Selain itu karena barang yang dijual tidak bisa dilihat langsung, melainkan hanya dalam bentuk poto maka bagi penjual sebaiknya memberikan penjelasan secara detil tentang barang yang dijual tersebut, karena kita tidak mau kan pembeli kecewa karena barang yang dikirim kondisinya seperti warna, bahan, ukuran dan lain2 tidak sesuai dengan yang diharapkan.
So silahkan dicoba..

online SHop saya ..


1 comment:

Unknown said...

Hi~
makasi banget, infonya sangat berguna, saya mau coba buka online shop~
hehehehe
tapi tenpat saya bukan di jakarta seperti kebanyakan online shop, saya ada di malang, kira2 meyakinkan gx ya..??